INGIN INFO SEREH WANGI

Saya tertarik untuk membudidayakan dan mengolah sereh wangi, menjadi minyak sereh. Di manakah saya bisa memperoleh informasi tersebut? Apakah beda sereh wangi dengan sereh dapur dan akar wangi? (Susilo, Balikpapan, Kaltim).

Sdr. Susilo, sereh wangi adalah penghasil minyak sereh atau citronella oil, yang merupakan bahan penting dalam industri parfum, kosmetika dan farmasi. Produk pembersih (misalnya sabun cuci) hampir selalu menggunakan pewangi berbahan baku minyak sereh. Pada jaman pemerintah kolonial Hindia Belanda, pulau Jawa merupakan penghasil citronella oil utama di dunia. Sejak zaman Jepang dan setelah merdeka, produksi citronella oil Jawa tinggal 10% dari produksi pada zaman Belanda. Saat ini penghasil citronella oil utama dunia adalah Srilanka.

Di Indonesia, budi daya dan penyulingan sereh wangi masih terdapat di Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan. Sebenarnya citronella oil tidak hanya dihasilkan oleh tanaman sereh wangi. Ada empat jenis sereh penghasil citronella oil, yakni sereh dapur (West Indian Lemongrass, Cymbopogon citratus); sereh wangi india (East Indian Lemongrass, Malabar Lemongrass, Cochin grass, Cymbopogon flexuosus);  sereh wangi palmarosa (Cymbopogon martini var. martini,  Cymbopogon martini var. sofia); dan sereh wangi jawa (Java Citronnella grass, winter’s grass, Cymbopogon winterianus var. Lemabatu, dan Cymbopogon winterianus var. Mahapengiri).

Dengan informasi ini, Anda dapat menentukan, apakah akan membudidayakan sereh wangi, atau justru sereh dapur. Informasi lebih lanjut tentang jenis sereh, serta teknologi penyulingannya, bisa Anda peroleh di: Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatika (Balittro), Jl. Tentara Pelajar No. 3, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu, Bogor 16111 – Jawa Barat, Telp: 0251 – 321879, 327010, Fax: 0251 – 327010, balittro@indo.net.id, balittro@litbang.deptan.go.id, http://balittro.litbang.deptan.go.id.

Lembaga yang juga menangani budi daya dan pasca panen sereh adalah: Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Aneka Tanaman Industri (Balittri), Jl. Raya Parungkuda Km. 2, Sukabumi 43357 – Jawa Barat, Telp: 0266 – 531241, Fax: 0266 – 533283, lolit_sela@plasa.com, balittri@litbang.deptan.go.id, http://www.balittri.litbang.deptan.go.id. Silakan Anda kontak lebih lanjut dengan dua lembaga tersebut.

Akar wangi jelas beda dengan sereh, baik sereh wangi, maupun sereh dapur. Nama lain akar wangi adalah narwastu, dan  lorosetu (Vetiveria zizanioides). Sesuai dengan namanya, komoditas ini dipanen akarnya, untuk didestilasi, seperti halnya daun dan bulb sereh. Harga minyak akar wangi (vetiver oil), jauh lebih tinggi dibanding citronella oil. Pada zaman Hindia Belanda, Jawa juga pernah menjadi penghasil vetiver oil utama dunia. Sekarang peran tersebut diambil alih oleh Haiti di Laut Karibia, dan Reunion di Samudera Hindia.

Beda dengan sereh wangi dan sereh dapur yang bisa beradaptasi dengan berbagai agroklimat dan jenis tanah, akar wangi hanya bisa tumbuh baik di lahan vulkanis, dengan ketinggian sekitar 1000 m. dpl. Sekarang sentra budi daya dan penyulingan akar wangi hanya tinggal di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Itu pun dengan areal yang terus menyusut. Kalau sereh wangi dan sereh dapur bisa dipanen daun/bulbnya, akar wangi hanya bisa dipanen dengan membongkar seluruh rumpun tanaman. Umur panen akar wangi juga cukup panjang, yakni paling cepat 1,5 tahun setelah tanam. * * *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s