AYAM KAMPUNG SUPER

Saya peternak ayam kampung dengan produk akhir pedaging jantan umur empat sampai enam bulan. Belakangan ini saya dengar ada ayam kampung super yang umur dua setengah bulan sudah bisa dijual. Benarkah informasi ini? (Santosa, Bekasi)

Sdr. Santosa, memang benar banyak strain ayam kampung unggul, yang pertumbuhannya lebih cepat dibanding dengan strain yang lain. Namun strain bukan satu-satunya prasyarat percepatan pertumbuhan ayam. Masih ada faktor pakan yang juga berpengaruh terhadap pertumbuhannya. Pakan alami seperti gabah, jagung, singkong segar, dedak, dan ampas tahu, pasti kalah efektif dibanding dengan konsentrat. Akan tetapi, harga ayam kampung yang diberi pakan konsentrat, lebih rendah dibanding yang diberi pakan alami.

Para pedagang ayam, tahu membedakan ayam kampung yang diberi pakan alami, dengan yang diberi konsentrat. Memang ayam kampung yang diberi pakan konsentrat, tetap punya pasar tersendiri. Penyerap ayam kampung konsentrat umur dua setengah bulan, adalah restoran padang. Di restoran ini, ayam kampung muda akan dimasak menjadi “ayam pop”. Namun demikian, restoran padang penjual ayam pop, sudah punya pemasok tetap. Sesuai hukum pasar, apabila pasokan berlebih, sementara permintaan tetap, harga akan turun.

Anda juga harus jeli meneliti, apakah ayam kampung super yang ditawarkan kepada Anda itu benar strain ayam kampung unggul, atau ayam broiller yang sudah disilangkan dengan ayam kampung? Para pedagang ayam dengan hanya melihat penampilan fisik, sudah mampu membedakan, ayam kampung asli, dengan ayam kampung yang sudah disilang dengan broiller. Harga ayam kampung silangan broiller, juga lebih rendah dibanding dengan ayam kampung asli. Fakta inilah yang tidak pernah diungkap oleh para promotor ayam kampung super.

Ayam kampung punya kelebihan dibanding ayam broiller, justru karena pertumbuhannya yang lamban, yang akan menghasilkan kualitas daging lebih baik. Pemeliharaan ayam selama empat sampai dengan enam bulan, memerlukan pakan lebih banyak dibanding pemeliharaan selama dua setengah bulan. Maka secara otomatis, harga ayam kampung asli akan lebih tinggi dibanding dengan ayam kampung silangan broiller. Hal yang sama juga terjadi pada sapi, ikan, juga pohon penghasil kayu. Sapi lokal hanya bisa tumbuh setengah kilogram sehari, sementara sapi impor mampu tumbuh satu kilogram sehari.

Demikian pula dengan gurami yang diberi pakan pellet, pasti akan lebih cepat tumbuh dibanding dengan gurami yang diberi pakan daun talas. Kayu jati unggul juga mampu tumbuh lebih pesat dibanding dengan jati biasa. Namun demikian, harga sapi lokal, bobot hidup maupun dagingnya, lebih tinggi dibanding sapi impor. Gurami yang diberi pellet, juga lebih murah dibanding gurami dengan pakan daun talas. Kualitas kayu jati dengan pertumbuhan cepat, juga lebih rendah dibanding jati yang tumbuh normal. Kualitas kayu ini akan berpengaruh pada harga.

Maka saran saya, sebaiknya Anda tetap memelihara ayam kampung secara tradisional.  Perputaran uang dalam bisnis ayam kampung tradisional, memang lebih lamban dibanding dengan ayam kampung super. Namun demikian, nilai nominal yang Anda terima tetap lebih tinggi dibanding dengan nilai nominal ayam kampung super. Terlebih lagi, kalau kemudian Anda akan menjadi sangat bergantung pada breeder ayam kampung super tersebut. Sementara selama ini Anda sudah bisa menjadi breeder, sekaligus grower, dari unit bisnis ayam kampung tradisional Anda. # # #

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s