SAWTOOTH SEBAGAI AFRODISIAK

Sawtooth, banyak tumbuh liar sebagai gulma di dataran menengah di Jawa. Padahal di banyak negara di dunia, sawtooth adalah bahan herbal penting. Khasiatnya terutama untuk memperbaiki kinerja pencernaan, dan meningkatkan libido seks (afrodisiak).

Gulma ini banyak tumbuh di dataran menengah berketinggian antara 500 – 800 m. dpl. sepintas daunnya mirip dengan daun tapak liman, namun berwarna lebih terang. Bedanya, daun sawtooth, selaras dengan namanya, berbentuk persis mata (gigi) gergaji. Ujung gigi pada permukaan daun sawtooth berduri tajam. Duri yang lebih tajam lagi, akan tumbuh pada malai bunganya, yang tumbuh menjuntai ke mana-mana. Dari malai bunga yang berduri tajam inilah akan keluar bunga dan biji (generatif), serta anakan (vegetatif).

Hingga sawtooth bisa dikembangbiakkan melalui biji, maupun anakan yang diambil dari ujung malai bunga. Ciri khas daun sawtooth adalah, aromanya yang sangat tajam. Masyarakat pedesaan di Jawa, mengenal sawtooth sebagai “tumbuhan yang berbau.” Aroma tajam sawtooth persis aroma daun ketumbar. Karena itu, di  Jawa sawtooth disebut ketumbar belanda. Anehnya, orang Belanda justru menyebut sawtooth sebagai javan coriander. Karena tumbuhan ini berasal dari Meksiko, maka masyarakat juga sering menyebutnya sebagai mexican coriander.

# # #

Di dunia, ada empat tumbuhan penyandang nama Coriander. Pertama ketumbar (Cilantro, Coriandrum sativum). Kedua mexican coriander tadi, yang kadang juga disebut Bhandhanya, Chandon benit, Culantro, Fitweed, Long coriander, Wild coriander, Recao, Spiritweed, Ngo gai, Sawtooth, dan Saw-leaf herb (Eryngium foetidum). Ketiga Vietnamese coriander (Persicaria odorata). Keempat bolivian coriander (Porophyllum ruderale), yang juga disebut quillquiña, quirquiña dan killi.

Empat tanaman beda genus, ini sama-sama disebut Coriander, karena semua beraroma daun ketumbar. Aroma daun ini sangat tajam mirip aroma walang sangit, belalang kecil hama padi fase masak susu. Aroma tajam sawtooth juga mirip mustard sauce, yang bisa menyergap rongga hidung. Mereka yang belum terbiasa dengan aroma ini, akan bereaksi keras menolaknya. Empat daun coriander ini semuanya bermanfaat sebagai herbal, bumbu, dan minyak asiri. Penggunaannya bisa diseduh seperti teh, bisa pula sebagai lalap.

Di Indonesia, biji ketumbar lebih populer dibanding daunnya. Beda dengan di Thailand, Vietnam, India, RRC, Taiwan, kepulauan Karibia, Meksiko, Timur Tengah dan Eropa. Di kawasan tersebut, daun ketumbar lebih populer. Sebagai bumbu, nama ketumbar sudah disebut-sebut dalam Kitab Suci (Taurat). Di Mesir Kuno, Babilonia dan Yunani, daun Coriandrum sativum sudah digunakan untuk menangkal rasa gelisah dan susah tidur. Minyak ketumbar juga digunakan sebagai penghambat pertumbuhan bakteri E. Coli.

Daun dan akar sawtooth kering, biasa diseduh seperti teh untuk memperbaiki nafsu makan/pencernaan, dan terutama untuk meningkatkan gairah seksual (aphrodisiac). Minyak asiri daun sawtooth hasil destilasi mengandung aldehydes berupa decanal (28%), dodecanal (44%), decanol alcohol (11%); sesquierpenes berupa α-humulene dan β-caryophyllene 15%. Kandungan nutrisi tiap 100 gram daun sawtooth: energi 20 kalori (100 kJ), karbohidrat 4 gram, serat  3 gram, lemak 0.5 gram, protein 2 gram, Vit A  337 μg, dan Vit C  27 miligram.

# # #

Sawtooth menyebar ke seluruh dunia dibawa bangsa kulit putih dari Amerika Tengah. Sawtooth masuk ke Indonesia dibawa oleh Belanda sebagai tanaman hias, dan kemudian menjadi gulma. Beda dengan di Thailand, sawtooth dibudidayakan secara besar-besaran sebagai herbal dan bumbu. Sup tom yam (tum yam, tom yam kung), berbumbu utama sawtooth. Kadang tom yam masih menggunakan daun cilantro, namun masyarakat Thailand lebih senang menggunakan sawtooth. Pertama karena aroma sawtooth lebih kuat, kedua karena khasiatnya untuk memperbaiki kinerja pencernakan dan sebagai aphrodisiac.

Aphrodisiac (Afrodisiak), adalah substansi yang bisa memacu gairah seksual. Kata  aphrodisiac berasal dari Aphrodite, dewi cinta dan seks dari Yunani Kuno. Sebenarnya substansi afrodisiak dalam tumbuhan, tidak secara langsung bisa meningkatkan gairah seksual seseorang. Substansi ini apabila dikonsumsi manusia, akan berefek meningkatkan hormon testosterone, yang kemudian meningkatkan libido seseorang. Salah satu dari peningkatan libido adalah naiknya gairah seks seseorang, baik laki-laki maupun perempuan. Jadi afrodisiak tidak bisa disamakan dengan obat perangsang seks.

Salah satu obat afrodisiak terkenal adalah merk Viagra. Ginseng korea (Panax ginseng), juga dimitoskan bisa meningkatkan gairah seksual. Kita juga punya pasak bumi (Eurycomae longifoliae), dan tabat barito (Ficus delsoidea), pule pandak (Rauwolfia serpentina), kayu rapat (Parameria leavigata), dan purwoceng (Pimpinilla pruatjan), yang semuanya juga berkhasiat afrodisiak. Dibanding tumbuhan tersebut, sawtooth lebih unggul, sebab mudah dibudidayakan, termasuk ditanam dalam pot. Namun sampai sekarang sawtooth masih menjadi gulma liar yang banyak tumbuh di kawasan pegunungan. # # #

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s