PELUANG EKSTRAKSI MINYAK MELATI

Sdr. Iksan dari Tegal, punya sawah yang ditanami melati gambir, dan melati biasa. Harga bunga melati sangat fluktuatif. Bisa mencapai Rp50.000 per kg, tetapi bisa pula jatuh tinggal Rp5.000 per kg. Apakah benar bunga melati bisa dibuat minyak, dan harganya cukup tinggi? Bagaimana caranya membuat minyak melati?

Sdr. Iksan, bunga melati murni dikenal sebagai jasmine absolute. Harganya memang cukup tinggi. Saat ini harga jasmine absolute di tingkat pengecer, sekitar 2.500 dolar AS per liter, atau Rp22.500.000 dengan kurs Rp 9.000 per dolar AS. Harga di tingkat petani (produsen), pasti lebih murah, namun kisarannya tetap sekitar Rp20.000.000 per liter. Di pasar internasional, minyak asiri, termasuk jasmine absolute, dijual dengan ukuran mili liter, atau ounce (oz). Satu ounce adalah 28,349523 gram.

Cara membuat minyak melati, beda dengan minyak kenanga. Minyak kenanga bisa disuling (didestilasi), sebab rendemennya berkisar antara 1,5 sd. 2 %. Bunga melati tidak mungkin disuling, sebab rendemennya hanya 0,2%  (dua per mil). Dari satu ton  kuncup bunga melati segar, akan dihasilkan 2 kg minyak melati. Agar rendemen minyak yang rendah itu tidak hilang menguap, bunga melati, juga bunga mawar, harus diekstrak.
Para petabi bunga di Perancis selatan, dan Italia, biasa mengekstrak melati secara tradisional.

Mereka membuat rak dengan banyak laci. Dalam laci ini ditaruh kertas minyak, yang sudah dilapisi parafin. Sebelum ada parafin, mereka menggunakan lemak hewan, terutama sapi. Kuncup bunga melati dimasukkan, dan ditata, lalu laci ditutup. Setelah sehari semalam, bunga akan layu, lalu dipungut satu-satu, dan diganti bunga baru yang masih segar. Proses ini dilakukan terus menerus, sampai parafin atau lemak hewan itu jenuh. Biasanya, petani memasukkan bunga antara 8 – 12 kali.

Parafin dan lemak hewan yang jenuh dengan minyak melati ini, kemudian diambil, lalu diproses dilab. Proses ini bertujuan memisahkan parfum dengan lemak atau parafin. sebagai bahan pelarut, biasanya digunakan ethyl alcohol. Selanjutnya jasmine oilnya dipisahkan dari ethyl alcohol dengan destilasi pada suhu sangat rendah. Proses ini amat rumit, hingga sulit menghasilkan jasmine absolute (minyak melati murni). Hasilnya bisa hanya 90%, 80%, atau kurang dari itu. Proses ekstraksi tradisional ini, disebut cold enfleurage.

Ekstraksi minyak melati modern, biasanya menggunakan teknik solvent extraction, dan juga Supercritical fluid extraction. Teknik ekstraksi bunga melati sampai menjadi minyak, bisa dipelajari di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), di Cimanggu, Bogor. Prototipe atau mesin ekstraksi yang sudah jadi, juga bisa dibeli di sini, atau di Balai Besar Industri Hasil Pertanian, di Jl. Juanda, Bogor. Kalau Anda membeli prototipenya, pembuatan mesinnya bisa dilakukan di bengkel terdekat.

Kandungan minyakmelati murni adalah: benzyl zcetate, linalool, benzyl alcohol, indole, benzyl benzoate, cis-jasmone, geraniol, methyl anthranilate, p.cresol, farnesol, cis-3-hexenyl benzoate, eugenol, nerol, ceosol, benzoic acide, benzaldehyde, y-terpineol, nerolidol, isophytol, dan phytol. Minyak melati murni, merupakan bahan parfum kelas satu. Selain untuk parfum, produk ini juga serap oleh industri farmasi dan aromaterapi. Khasiat Jasmine Absolute antara lain untuk penanggulangan depresi.

Aroma melati akan mendatangkan suasana tenang, dan membuat tidur nyenyak. Khasiat ini sudah sejak jaman Mesir Kuno diketahui, dan digunakan untuk menenangkan bayi yang baru saja dilahirkan. Jasmine Absolute juga bisa menghilangkan kelelahan akibat kerja berat, melembapkan kulit kering yang sensitiv, meredakan nyeri otot. Wangi melati juga bisa mendatangkan suasana hangat, romantis dan menggairahkan. Itulah sebabnya untaian bunga melati segar, selalu tampil dalam acara pesta pengantin.

Di dunia ini ada sekitar 200 spesies melati (Jasminum Sp). Yang biasa dibudidayakan untuk sebagai tanaman hias maupun untuk diambil parfumnya, hanaylah Jasminum sambac (melati biasa), dan Jasminum grandiflorum (melati gambir). Melati gambir bukan tanaman gambir (Uncaria gambir), juga bukan bunga gambir hutan (Jasminum pubescens). Tanaman gambir hutan memang juga termasuk spesies melati, yang juga disebut melati hutan, atau bunga poncosudo. # # #

One thought on “PELUANG EKSTRAKSI MINYAK MELATI

  1. Saya senang dapat mengetahui proses extrak. Bunga melati. Apakah saya dapat belajar atau mengetahui proses secara detail di BALITRO. Tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s