BISNIS SAYURAN ORGANIK

Di kawasan Bogor, Jawa Barat, ada beberapa gerai sayuran Organik. Sdr. Iwan dari Bandung tertarik untuk menekuni bisnis ini. Benarkah bisnis sayuran organik ini cukup menguntungkan? Katanya, sayuran organik juga bisa mencegah penyakit kanker. Apakah info ini benar?

Sdr. Iwan, sayuran organik memang lebih sehat dibanding sayuran konvensional. Tetapi sampai sekarang belum pernah ada penelitian formal, yang membuktikan bahwa mengkonsumsi sayuran organik bisa mencegah timbulnya penyakit kanker. Namun demikian, bisnis sayuran, bahkan semua produk pertanian organik, relatif cukup menarik. Bukan hanya karena nilainya yang lebih tinggi, melainkan biaya produksinya juga rendah.

Yang perlu diluruskan, pertanian organik bukan sekadar budidaya tanaman tanpa pupuk dan pestisida kimia. International Food and Organic Agricultural Movement  (IFOAM), merumuskan pertanian organik sebagai berikut. Pertanian organik adalah kegiatan budidaya tanaman dengan benih organik, di lahan organik, dengan air organik, dan dengan sistem organik. Penggunaan pupuk dan pestisida, hanya bagian dari sistem pertanian organik.

Yang disebut tanah dan air organik adalah, lahan pertanian dan air irigasi yang bebas pencemaran residu pupuk, pestisida, serta bahan kimia lainnya. Ini harus dibuktikan dengan penelitian laboratoris. Kalau petani sudah menggunakan benih, pupuk dan pestisida organik, tetapi lahan dan air irigasi masih mengandung residu pupuk serta pestisida kimia, maka produknya tidak bisa diklaim sebagai sayuran organik. Produk seperti ini, namanya “transisi organik”.

World Trade Organization (WTO), membuat beberapa kategori produk pertanian. Pertama wild product, yakni produk tumbuh-tumbuhan yang langsung diambil dari alam liar (hutan). Kedua, traditional product, yakni produk tumbuh-tumbuhan yang dibudidayakan secara tradisional. Misalnya padi ladang. Ketiga, conventional product, yakni produk pertanian biasa, yang proses budidayanya menggunakan pupuk dan pestisida kimia. Keempat healthy product, yakni produk pertanian yang masih menggunakan pupuk dan pestisida kimia, terapi dosisnya sangat dibatasi. Kelima organic product, yakni hasil pertanian organik.

Produk pertanian organik perlu label, dan petani atau lembaga yang memroduksinya harus sudah memperoleh sertifikat dari IFOAM, atau lembaga yang dirujuk olehnya. Hingga tidak semua orang atau lembaga bisa mengklaim bahwa produk yang mereka hasilkan merupakan sayuran organik. Ketentuan ini sangat penting untuk mencegah penipunan, guna melindungi kepentingan konsumen. Hingga tidak semua sayuran yang dibudidayakan tanpa pupuk serta pestisida bisa diklaim sebagai organik.

Singapura misalnya, mensyaratkan sayuran yang dipasarkan di negara tersebut zero pesticide. Budidaya sayuran yang akan dipasarkan ke Singapura, wajib menggunakan net. Tetapi produk ini tidak pernah diklaim sebagai sayuran organik, melainkan hanya sayuran bebas pestisida. Sayuran yang dipasarkan di Bogor, Lembang, Bandungan, Batu, dan lain-lain diragukan keorganikannya. Kecuali pedagang tersebut bisa menunjukkan label dan sertifikat organik dari IFOAM.

Di Cisarua dan di Cidahu, Jawa Barat, ada Organic Farm yang memang benar-benar organik. Di Cisarua, siapa pun bahkan bisa berlatih membudidayakan sayuran organik. Dengan tingkat kerumitan seperti telah disebutkan di depan, saya menyarankan siapa pun yang akan terjun ke bisnis pertanian organik agak berhati-hati, agar tidak menipu konsumen. Di Yogyakarta, juga sudah banyak petani yang membudidayakan  padi organik. Keuntungan mereka relatif lebih baik dibanding petani lainnya.

Selain harganya lebih tinggi dibanding produk konvensional, sayuran organik juga bisa diproduksi dengan biaya lebih rendah. Sebab pupuk kandang, pupuk hijau, kompos, dan pestisida organik, bisa mereka produksi sendiri. Di tengah harga pupuk dan pestisida kimia yang terus naik belakangan ini, prospek pertanian organik jelas lebih baik. Maka Sdr. Iwan, bisnis sayuran organik tetap akan menarik untuk Anda tekuni. Namun demikian, tidak usah mengaitkan sayuran dengan penyakit kanker. ***

One thought on “BISNIS SAYURAN ORGANIK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s