STRATEGI BUDI DAYA PEPAYA

Bulan Maret adalah saat yang tepat untuk menyemai pepaya. Dengan menyemai pepaya pada bulan Maret, semai sudah cukup besar untuk ditanam di lapangan pada bulan Mei. Saat itu hujan sudah mulai jarang turun, hingga tanaman pepaya aman dari serangan bakteri pseudomonas. Populasi bakteri pada musim penghujan cukup melimpah di lahan.  Tanaman pepaya yang masih muda sangat peka terhadap serangan pseudomonas. Bakteri ini berkembangbiak, dan menyebar di permukaan, serta dalam tanah. Bagian tanaman yang diserang terutama akar, yang segera menyebar ke pangkal batang. Akar yang terserang pseudomonas, akan membusuk.

Gejala serangan pseudomonas tampak dari daun tanaman yang menguning, dan layu. Dalam waktu sangat singkat, tanaman muda itu akan mati, karena  sebagian besar atau seluruh akar tanaman serta pangkal batang membusuk. Serangan pseudomonas, memang bisa diatasi dengan bakterisida, namun biaya budidaya akan meningkat, selain juga belum tentu efektiv. Hingga paling aman memang mulai menanam pepaya di lapangan pada bulan Mei. Benih yang ditanam pun sudah berukuran cukup besar, setinggi sekitar 50 sd. 70 cm. Tanaman seukuran ini memang masih peka terhadap pseudomonas, tetapi bulan Mei, populasi bakteri sudah mulai menurun.

Resiko penanaman pepaya pada awal kemarau adalah, memerlukan pengairan. Baik dengan cara penggenangan, penyiraman secara manual, maupun dengan irigasi tetes (drip irigation). Dalam irigasi tetes, masing-masing individu tanaman, akan menerima jatah air, dan juga nutrisi sesuai dengan kebutuhan. Di Taiwan, harga pepaya sangat tinggi, hingga pengairan dengan irigasi tetes yang berbiaya tinggi itu masih dimungkinkan. Bahkan disana, kebun pepaya dinaungi dan dipagari net putih, agar hama tanaman tidak bisa masuk. Sebab pasar Hongkong, Jepang, dan Taiwan sendiri, mensyaratkan pepaya tanpa pestisida.

# # #

Jenis pepaya yang paling dikehendaki pasar adalah varietas bangkok. Bentuk buahnya agak bulat, dengan bagian pangkal mengecil, tengahnya besar, dan ujungnya runcing. Warna kulit buah hijau gelap. Ketika masak akan ada semburat merah pada bagian buah yang menonjol. Daging buah berwarna kemerahan, bertekstur keras, dan rasanya sangat manis. Benih pepaya bangkok berupa biji, baik lokal maupun impor, bisa dibeli di toko, dan kios pertanian. Ada dua macam kemasan benih, yakni sase dan kaleng. Benih sase lebih murah, tetapi daya kecambahnya tidak sebaik benih dalam kaleng. Para petani sering pula membuat benih sendiri, dari buah hasil budidaya mereka.

Caranya, mereka memilih buah yang bentuknya sempurna, kemudian hanya mengambil biji yang berada di bagian tengah buah. Biji dari bagian pangkal dan ujung dibuang. Biji ini diremas-remas, hingga bagian lunaknya terbuang, dicuci bersih, kemudian dikeringkan, dengan dihamparkan pada alas kertas koran, di tempat teduh. Menggunakan benih produksi sendiri lebih menghemat biaya, namun resikonya juga cukup besar. Sebab hasilnya bisa menyimpang menjadi pepaya biasa, atau malahan pepaya gantung. Sebab di lahan pertanian, bisa saja terjadi penyerbukan silang dengan tanaman pepaya liar.

Untuk memperoleh kualitas semai terbaik, benih harus disemai dalam polybag ukuran kecil, dengan media bahan organik (kompos, pupuk kandang, humus). Media tanam terlebih dulu dicampur pestisida granula, tepung, atau cair, agar benih bakteri pseudomonas mati. Polybag yang sudah terisi media, ditaruh di atas rak bambu, atau bahan lain, yang diberi naungan plastik UV, atau bisa pula plastik benih biasa. Rak akan mencegah biji atau semai yang telah tumbuh diserang semut, rayap, cacing, atau terciprat air hujan yang membawa bakteri pseudomonas. Sebenarnya rayap dan cacing tidak mengganggu biji atau semaian, melainkan memakan media tanam.

Naungan akan mencegah guyuran hujan, sebab semai yang baru tumbuh, peka sekali terhadap guyuran hujan. Biji yang akan disemai, terlebih dahulu dimasukkan ke dalam air hangat, yang sudah diisi zat perangsang tumbuh (ZPT). Biji yang mengapung langsung dibuang. Biji yang tenggelam, dibiarkan terendam air campur ZPT sampai mengembang. Ke dalam polybag yang sudah diisi media ini, ditaruh dua butir biji pepaya, yang sudah direndam. Maksudnya, kalau salah satu biji gagal tumbuh, masih ada satu biji lagi yang akan mengisi polybag tersebut. Kalau dua-duanya gagal, bisa diiisi dengan semai dari polybag yang dua bijinya berhasil tumbuh semua.

# # #

Sambil menunggu semaian tumbuh setinggi 50 sd. 70 cm, lubang tanam perlu dipersiapkan. Ukurannya cukup 50 X 50 X 50 cm. Lubang itu kita biarkan terkena panas matahari, agar benih pseudomonas yang masih berada di dalam tanah segera mati. Ke dalam lubang itu, kemudian diisi pupuk organik. Bisa pupuk kandang, kompos, atau litter ayam broiller, yang terdiri dari sekam campur kotoran ayam. Banyak pula petani yang memanfaatkan sampah rumah tangga, atau sampah pasar, yang telah dibakar. Pupuk bakaran sampah, selain relatif murah, juga kaya nutrisi, serta cukup baik untuk menggemburkan tanah,.

Selain menunggu sampai tinggi tanaman sudah sekitar 50 sd. 70 cm, penanaman juga baru bisa dilakukan setelah akar tanaman penuh. Sebab ketika akar tanaman masih belum memadati media, akar gumpalan media tanam itu akan hancur ketika polybag diambil. Polybag diambil dengan cara disobek, dan harus diusahakan agar akar tanaman tidak sampai banyak yang putus. Gumpalan media tanam dengan akar itu ditaruh di dalam lubang yang sudah diisi pupuk, kemudian ditimbun. Petani biasanya akan menaruh naungan sementara, berupa potongan pelepah dan daun kelapa, untuk mencegah agar tanaman muda ini tidak stres terkena sinar matahari langsung.

Pertumbuhan tanaman pepaya selama musim kemarau, justru lebih pesat dibanding ketika musim penghujan. Sebab intensitas sinar matahari sangat tinggi, dan berlangsung sehari penuh karena langit lebih banyak cerah. Karena sinar matahari sangat terik, kebutuhan air mutlak harus terpenuhi. Pada bulan September atau Oktober, biasanya sudah turun hujan. Kecuali kawasan NTT, yang hujannya baru akan datang pada bulan November atau Desember. Ketika itulah tanaman pepaya sudah tumbuh setinggi 1,5 sampai 2 m, dan langsung akan berbuah. Populasi pseudomonas memang akan melimpah, tetapi ketika itu tanaman sudah cukup kuat. (R) # # #

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s