SPINACH DAN BAYAM POPEYE

Tanggal 15 September 2006, bayam dalam kemasan yang dijual di Amerika Serikat (AS), telah tercemar bakteri Escherichia coli. Satu orang meninggal dan 100 orang menderita sakit, akibat mengkonsumsi bayam yang telah tercemar itu. Setidaknya penduduk di 20 negara bagian di AS, telah menderita sakit akibat mengkonsumsi bayam kemasan. Stok bayam kemasan yang sudah ada di pasar, segera ditarik untuk dimusnahkan. Tetapi kita di Indonesia, tidak perlu takut makan bayam. Sebab yang dimaksud dengan spinach, sebenarnya bukan bayam seperti yang biasa kita konsumsi.

Di kamus Inggris-Indonesia dan Indonesia-Inggris, entri bayam selalu diterjemahkan sebagai spinach. Padahal sebenarnya, bayam dan spinach adalah dua sosok tanaman yang berlainan. Mereka memang masih sama-sama famili Amaranthaceae, tetapi beda genus. Bayam masuk genus Amaranthus, spinach genus Spinacia. Amaranthus adalah genus yang terdiri dari sekitar 60 spesies, semuanya merupakan tanaman semusim, baik yang hidup di kawasan tropis maupun sub tropis. Spesies Amaranthus, terdiri dari penghasil biji-bijian (amaranth grain, cereals), sayuran (amaranth leaf vegetable), dan sebagai tanaman hias (amaranth ornamental plant).

Semua genus amaranthus, berasal dari benua Amerika. Yang selama ini kita kenal sebagai bayam adalah amaranth leaf vegetable. Amaranth ornamental plant, antara lain kita kenal sebagai bunga jengger ayam. Sementara amaranth sebagai penghasil biji-bijian seperti beras dan jagung, hanya dibudidayakan di kawasan sub tropis. Kalau genus Amaranthus berasal benua Amerika, maka genus Spinacia berasal dari Persia (Iran). Kalau Amaranth Sp. merupakan penghasil biji-bijian, sayuran dan juga sebagai tanaman hias, maka Spinacia (Spinacia oleracea) hanya merupakan penghasil sayuran. Kalau amaranth leaf vegetable bisa dibudidayakan di kawasan tropis, maka Spinacia hanya dibudidayakan di kawasan sub tropis.

# # #

Di Indonesia bayam amaranth leaf vegetable atau Green Leaf Amaranth, sudah sangat merakyat dan dibudidayakan dimana-mana. Tetapi spinach Spinacia, hanya bisa dijumpai dalam volume terbatas di pasar-pasar swalayan. Meskipun bayam amaranth leaf vegetable inilah yang di Indonesia justru disebut sebagai spinach. Sementara spesies Amaranth leaf vegetable di Karibia populer disebut Callalo, di Zaire disebut Lenga-lenga atau Biteku teku, dan dibedakan dengan spinach, yang merupakan sayuran sub tropis. Salah kaprah ini memang dikenal khas di Indonesia dan Malaysia. Diduga, salah kaprah ini bermula dari kartun legendaris Popeye, yang akan berlipatganda tenaganya setelah mengkonsumsi Spinach, yang diterjemahkan sebagai bayam.

Genus Amaranthus, terdiri dari sekitar 60 spesies. Spesies yang populer sebagai sayuran adalah Amaranthus tricolor, Amaranthus hybridus, Amaranthus cruentus, dan Amaranthus dubius. Mereka inilah yang di negeri kita populer dengan sebutan bayam dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai Spinach. Termasuk di kamus-kamus Inggris-Indonesia maupun Indonesia-Inggris. Spesies Amaranthus yang dibudidayakan sebagai Amaranth Grain untuk diambil bijinya antara lain Amaranthus cruentis dan Amaranthus hypochondriaca. Amaranth Grain sudah dibudidayakan sejak jaman kerajaan Maya dan Inca, dan sampai sekarang tetap menjadi komoditas penting di Meksiko. Biji Amaranth dikemas dan dipasarkan sebagai snack.

Amaranthus yang dibudidayakan sebagai tanaman hias antara lain Amaranthus caudatus, Amaranthus hybridus, Amaranthus retroflexus, dan Amaranthus viridis. Selain menjadi penghasil biji-bijian, sayuran dan sebagai tanaman hias, Amaranth juga dikenal sebagai gulma. Misalnya strain baru dari Palmer amaranth yang dikenal sebagai gulma di perkebunan kapas dan kebal terhadap herbisida. Ada pula spesies Amaranth yang langka dan terancam kepunahan, yakni Amaranthus pumilus yang habitatnya di pasir pantai. Dengan luasnya spesies Amaranth termasuk pemanfaatannya, maka amaranth leaf vegetable atau Green Leaf Amaranth sebenarnya hanyalah salah satu dari kegunaan Amaranth.

Di Indonesia, selama ini dikenal dua varietas bayam. Pertama bayam cabut, yang berdaun bulat cenderung cekung, berwarna hijau muda. Ini adalah salah satu varietas dari Amaranth Greens (Chinese Spinach, Hinn Choy, Yin Tsoi, Callalo, Tampala atau Quelite). Ini adalah salah satu varietas dari Amaranthus tricolor. Lazim disebut sebagai bayam cabut, sebab cara pemanenannya dengan dicabut berikut akar-akarnya. Sebutan bayam cabut juga untuk membedakannya dengan varietas bayam petik atau bayam pecel. Ini juga merupakan salah satu varietas dari Amaranthus tricolor, yang daunnya berbentul elips dengan bagian ujung lebih kecil, warna daun hijau tua, datar, lebar dan tebal.

# # #

Budidaya bayam relatif mudah. Meskipun budidaya pada musim kemarau, masih lebih mudah dibanding dengan budidaya pada musim penghujan. Pertama-tama disiapkan bedengan. Semakin tinggi bedengan, semakin bagus. Idealnya, tinggi bedengan minimal 30 cm. Panjang dan lebar disesuaikan dengan ketersediaan lahan. Tanah untuk bedengan itu sebaiknya yang bertekstur gembur. Baik tanah pasir maupun tanah liat, harus diberi tambahan bahan organik seperti kompos dan pupuk kandang. Setelah bedengan siap, didiamkan selama tiga hari sampai dengan 1 minggu. Harus dijaga, agar selama didiamkan, bedengan tidak dirusak oleh ayam atau satwa lainnya.

Benih bayam, bisa dibeli di toko, berupa kemasan dalam sase atau kaleng. Namun kita pun bisa memproduksi benih sendiri, dengan cara menyisakan satu dua batang bayam cabut yang sengaja tidak dipanen. Batang-batang bayam yang tidak dipanen ini akan menghasilkan biji. Biji bayam terbungkus dalam gumpalan buah yang sepintas mirip dengan ulat bulu, menggerombol di pangkal tangkai daun atau pada malai di bagian pucuk tanaman. Kalau gumpalan buah ini diremas, akan tampak biji yang masih putih atau sudah menghitam. Biji yang sudah mengitam, tanda sudah cukup tua untuk dipanen sebagai benih.

Benih bayam yang baru saja dipanen ini bisa langsung ditebar di bedengan, bisa pula dikering anginkan dan kemudian dipisahkan, antara biji dengan kulit bijinya. Biji bayam murni ini, ketika akan ditebar sebaiknya dicampur terlebih dahulu dengan abu atau tanah, agar ketika ditaburkan akan bisa menyebar secara merata. Biji bayam yang akan disimpan untuk ditebar musim tanam berikutnya, sebaiknya disimpan dalam botol dengan warna hijau atau cokelat, dengan ditutup rapat-rapat dan disimpan di tempat yang teduh dan sejuk. Biji bayam yang disimpan dengan baik, daya tumbuhnya masih tinggi meskipun sudah tersimpan selama satu tahun. Penebaran benih bayam dilakukan dengan tingkat kepadatan tinggi.

Pada penanaman musim kemarau, bedeng harus terus rutin disiram. Penyiraman dilakukan sampai duakali dalam satu hari. Kecuali pada musim penghujan, peniraman hanya dilakukan kalau pada hari tersebut tidak turun hujan. Air untuk menyiram harus berupa air bersih dan bukan air payau. Bisa air sumur, air sungai atau air dari sumber air lainnya. Alat penyiram bisa berupa selang, gembor atau peralatan lainnya. Bayam adalah tumbuhan yang rakus air. Hingga penyiraman harus sampai seluruh bedeng menjadi basah. Kekurangan air akan megakibatkan bayam menjadi kurus-kurus dan alot. Tidak empuk dan renyah kalau disayur.

# # #

Di atas telah disebutkan, bahwa kandugan utama bayam adalah air. Berikut ini secara lengkap kandungan 100 gram sayuran bayam: Air 86.9 g – 9.0 g; Protein 3.5 g – 15.0 g; Lemak 0.5 g – 7.0 g; Karbohidrat 6.5 g – 63.0 g; Serat 1.3 g – 2.9 g; Kalori 36 – 391; Phophor 67 mg – 477 mg; Fe 3.9 mg; Potasium 411 mg; Vitamin A 6100 i.u. 0; Riboflavin 0.16 mg – 0.32 mg; Niacin 1.4 mg – 1.0 mg; Asam Askorbic (C) 80 mg – 3.0 mg; Thiamin (B1) 0.08 mg – 0.14 mg; Ash 2.6 g – 2.6 g; Kalsium 267 mg – 490 mg. Kandungan mineral yang cukup tinggi inilah yang telah melahirkan mitoe, bahwa bayam mampu mendatangkan kekuatan seketika pada komik Popeye.

Bagi orang sehat, bayam memang merupakan sayuran yang sangat dianjurkan untuk rutin dikonsumsi. Namun bagi para penderita gangguan asam urat dan ginjal, mengkonsumsi sayuran pada umumnya, terlebih bayam, sangat tidak dianjurkan. Sebab sayuran dengan kandungan mineral tinggi sepertibayam, akan memicu naiknya kandungan asam urat pada darah. Naiknya kandungan asam urat pada darah, selanjutnya akan memicu peningkatan gangguan ginjal. Tetapi bagi balita yang baru tumbuh, juga bagi ibu-ibu yang baru menyusui anaknya, bayam menjadi menu yang sangat dianjurkan. Sebab kandungan mineral yang tinggi pada sayuran ini, dapat membantu proses pembentukan tulang, gigi dan otak pada anak.

Yang jelas bayam dari genus Amaranthus (Amaranth Sp), jelas beda dengan Spinach (Spinacia oleracea). Meskipun dua-duanya merupakan sayuran yang kaya vitamin dan mineral. Meskipun dua-duanya masih satu famili Amaranthaceae. Entah sejak kapan salah kaprah ini terjadi, namun pelan-pelan harus mulai diluruskan. Sebab bayam yang kita kenal sekarang ini, dalam istilah Bahasa Inggris disebut sebagai amaranth leaf vegetable atau Green Leaf Amaranth. Kadang-kadang Bahasa Inggris justru mengadopsi istilah asli Karibia: Callalo. untuk menyebut bayam. Tetapi yang jelas bayam yang kita kenal ini bukan Spinach, yang hanya bisa tumbuh di kawasan sub tropis. (R) # # #

2 thoughts on “SPINACH DAN BAYAM POPEYE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s