TAWARAN INVESTASI KEBUN SAWIT

Sebagai supervisor perusahaan otomotif di Jakarta, Sdri. Monica sering bertugas ke luar Jawa. Ia banyak menerima tawaran investasi kebun sawit. Tawaran itu datang dari Balikpapan, Pontianak, Pekanbaru, dan baru-baru ini dari familinya di Palembang. Benarkah investasi sawit menguntungkan?

Investasi kebun kelapa sawit memang sangat menguntungkan. Itulah sebabnya grup Salim, Sinar Mas, Astra, dan perusahaan besar lainnya terjun ke sana. BUMN kita, yakni PT Perkebunan Nusantara (PTPN), juga menjadikan sawit sebagai andalan pemasukan ke kas negara. Produk kelapa saeit adalah minyak sawit mentah (CPO, Crude Palm Oil). Harga CPO di pasar internasional akan terus membaik. Sebab krisis bahan bakar dunia, juga akan berpengaruh ke naiknya harga CPO.

Kelapa sawit yang kita budidayakan adalah hibrida antara sawit Amerika Latin (Elaeis malanococca), dan sawit Afrika Barat (Elaeis guineensis). Penghasil CPO dunia adalah Malaysia dan Indonesia, dengan total hasil 30 juta ton per tahun. Hasil CPO per hektar per tahun, rata-rata 5,5 ton. Harga CPO saat ini Rp 7.300,- sampai Rp 7.500,- per kg. (lokal); dan 750 dolar AS per ton (ekspor). Hingga berkebun kelapa sawit memiliki prospek yang sangat baik. Namun, skalanya harus luas.

Tandan buah sawit (TBS), setelah dipanen ditaruh dalam lori dan dimasukkan dalam tangki pengukus. Setelah itu buah sawit dipisahkan dari tandannya. Tandan buah kosong (TBS) akan dikembalikan ke kebun sebagai pupuk. Buah sawit selanjutnya digiling dan diperas. Bagian yang menghasilkan CPO justru sabutnya, bukan daging buahnya. Cairan sabut ini diproses menjadi CPO, sementara ampas sabut dan tempurung dijadikan bahan bakar.

Inti biji sawit (kernel), akan diproses menjadi minyak inti sawit. Namun karena volume dan nilainya tidak memadai, maka minyak kernel ini juga hanya dianggap sebagai hasil sampingan. Satu unit pabrik CPO, paling sedikit mampu melayani sekitar 5.000 hektar kebun sawit. Hingga pekebun yang lahannya di bawah 5.000 hektar, tidak mungkin membangu pabrik. Pabrik CPO mini yang pernah dipromosikan pemerintah, tidak efisien dibanding pabrik ukuran standar.

Di Jawa, hanya ada dua kebun sawit dan pabrik CPO. PT Condong Garut di Kab. Garut, Jawa Barat, milik Tommy Soeharto, dan kebun Bojong Datar, di Kab. Pandeglang, Banten, milik PTPN VIII. Pulau Jawa, sebenarnya tidak terlalu tepat untuk kebun sawit, sebab nilai lahannya sudah terlalu tinggi. Nilai investasi kebun sawit (di luar pabrik), antara Rp 25 juta, sampai dengan Rp 30 juta per hektar. Hingga, kalau ada tawaran membeli kebun sawit Rp 15 juta per hektar, justru meragukan.

Sejak 10 tahun silam, di pasaran banyak beredar benih sawit palsu. Buah kelapa sawit bahan CPO, disemai untuk dijadikan benih. Biji yang rontok di kebun dan tumbuh, juga dipasarkan sebagai benih. Benih palsu ini akan menjadi sawit jantan yang tidak berbuah. Kalau menjadi sawit betina pun produktivitasnya sangat rendah. Kebun sawit dengan benih palsu ini, arealnya sampai puluhan ribu hektar dan terutama terkonsentrasi dari Riau sampai Sumatera Selatan.

Kalau Sdr. Monica serius ingin investasi di sektor agro, termasuk sawit, kumpulkanlah teman sampai sekitar 20 orang. Masing-masing share modal sesuai dengan kemampuan. Kemudian bentuk badan hukum koperasi atau PT, pilih komisaris, lalu rekrut manajer kebun. Di Sumatera dan Kalimantan, masih dimungkinkan untuk berkebun sawit skala kecil, tanpa pabrik. Sebab pabrik CPO banyak bertebaran di kawasan ini, serta siap menampung hasil TBS dari mana saja.

Ada baiknya, kalau sebelum melangkah lebih jauh, Anda dan teman-teman yang berminat investasi sawit, berkunjung ke kebun Bojong Datar di Pandeglang, Banten. Namun untuk bisa berkunjung ke Pandeglang, kita harus minta ijin secara tertulis terlebih dahulu, ke Direksi PTPN VIII di Bandung. Menanam sawit dari awal dengan benih yang benar, tetap lebih baik. Meskipun sekarang ini, baik Indonesia maupun Malaysia, sama-sama defisit benih sawit. ***

About these ads

10 thoughts on “TAWARAN INVESTASI KEBUN SAWIT

  1. Salam.

    Sy seorang petani biasa, tapi ingin beralih ke profesi sebagai petani sawit, karena membaca artikel tentang prospek berkebun sawit sangat menjanjikan. Tapi banyak yg belum sy pahami terutama cara memilih bibit yg baik(betina/jantan). Apa ciri2nya?
    Karena sy khawatir bibit yg sudah beli ttersebut palsu.
    Sedangkan kebbun sawit sy berada di Sumatera Selatan juga.

    Sy juga sudah mencoba menanam sawit jenis Marihat, bibit lokal bersertifikat/berlabel. apakah ada jaminannya kelak berbuah?
    Luas yang sy tanam 10 ha, Ditinjau dari segikeuntungan yg akan diperoleh nantinya sesuai dengan harga pada artikel di atas, apakah menguntungkan?
    Karena sy tanam sendiri dengan tenaga kerja 2 org setiap hari memelihra dan mengawasi.

    Kalau bisa tolong dibuatkan standar oprasional termasuk biaya berkebun sawit skala kecil untuk petani kecil dan pemula seperti saya. Karena di daerah kami bnyak org berkebun plasma sekitar 2ha/kk. Namun tdk mengerti merencanakan biaya pemeliharaannya.
    Trimakasih.

    Trimakasih.

  2. saya ingin menawarkan tahan yang terletak di lampung kira2 luasnya ada yang 1000 hektar dan yang satu lagi 3000 hektar bagi yang berminat hubungi 081278807888, trima kasih tuk semuanya yang membaca ini semoga membawa berkah bagi kita semua, amin.

    • Kami lagi mencari lahan diatas 500Ha utk kebun sawit, mhn Bpk kirim data2 penawaran lahan tsb pd alamat email kami.
      Trm ksh.
      Khaidir

  3. mbak monic…ada juga disumatera bengkulu, jambi yang mau jual luas 100 hektar, sudah menghasilkan, begitu beli langsung panen jadi duit, tidak banyak resiko, tinggal itung BEP nya kapan, sertifikat bisa dijaminkan dibank dan bisa untuk ekspansi misalnya, serius bisa saya carikan…tentu yang tidak mengecewakan…salam sukses.

  4. bagaimana atau apa syarat2 bila kami ingin investasi kebun sawit yang berada didaerah pandegelang?

  5. Ijin tlng di share klo ada info2 update mengenai cpo kelapa sawit
    Contact person 021 95061152

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s